Senin, 10 Oktober 2016

botol dot agar bayi tidak 'bingung puting'

heiii MOM..
ini opini yang emak-emak banget. mengenai kebingungan dalam menghadapi bayi yang akan diberi ASIP (ASI Perah).
mayoritas opini masyarakat sangat beragam tentang pemberian ASIP. seperti:
- "kasih ASIPnya jangan pakek dot, nanti bentuk giginya jadi g rapi".
- "hati-hati nanti jadi bingung puting".
- "gunakan sendok atau pipet saja biar tidak bingung puting bayinya".
dan masih banyak lagi.
opini-opini tersebut dapat membingungkan bagi kita para busui (ibu menyusui) yang akan meningalkan bayinya dan tetap ingin memberikan ASI eksklusif.
so...kita bisa menyiasati pengunaan dot bagi bayi kita yang saat ini banyak ditawarkan produsen produk bayi.
ini dari pengalam pribadi saya..
saat itu anak saya berusia 3 bulan, dan harus diberi ASIP karena keadaan mendesak. akhirnya sya mengunakan botol dot merk HUKI, karena tergiur iklan di TV dengan bentuk puting dot yang pipih.
nilai plus dari botol dot HUKI, anak saya langsung mau menyusu ASI dari dot (tidak susah). tapi setelah 3 hari dan saya pulang...OMG, dia bingung puting!!
ASI saya tidak digubris sama sekali. ditempel-tempelkan malah melengos...benar-benar jual mahal.
akhirnya saya berkonsultasi dengan bidan. dan dianjurkan mencari dot yang bentuknya mirip payudara/ puting ibu.
akhirnya pilihan saya jatuh pada produk dot merk CHICCO
bentuknya benar-benar menyerupai. anak sya pun dengan mudah menyesuaikan setelah 2minggu diadaptasi dengan ASI yang asli. masalah bingung puting pun terpecahkan..harga botol CHICCO memang relatif lebih mahal. namun apa yg saya keluhkan bisa teratasi.
tapi sepertinya SANDUNGAN memberi ASI Eksklusif tidak berhenti disitu saja!
dot botol CHICCO ank sya sobek, sehingga kapasitas ASIP yang keluar menjadi terlalu banyak. membuat dia (bayi) glagepan saat meminum ASIP.
akhirnya sya berinisyatif mencari botol CHICOO yang baru. namun sayng disayang...diKabupaten tempat sya berdomisili, produk CHICCO belum masuk dipasaran. sehingga hasil griliya kesemua toko bayi hasilnya NIHIL..tidak ada yang jual botol CHICOO (karena botol Chicoo yang sebelumnya sya dapatkan di kota Malang).
karena harus segera bepergian kembali. dan botol dot anak harus segera mendapat penganti. akhirnya pilihan sya jatuh pada botol dot merk Pigeon.
pigeon yang saya pilih pun bukan yang biasa. tapi dengan diameter cukup lebar. sehingga menyerupai puting ibu. kelebihan produk Piegeon adalah, mereka menjual karet dotnya saja. sehingga hal tersebut bisa menjadi antisipasi bila dotnya yang sekarang sobek lagi.
pemberian ASIP pun dimulai kembali. saat mencoba botol Pigeon, anak sya tidak langsung mau meminumnya. jadi harus dipancing dulu sekitar 20-30 menit, baru akhirnya dia mau menyusu dari botol dotnya.
setiap akan minum sealu begitu. akhirnya diinisiatif untuk mengunakan sendok untuk menyuapi ASIPnya.
alhamdulillah kebeutuhan ASI ank sya terpenuhi. tapi...(lagi-lagi ada nilai minusnya), karena sring disendoki. dia jadi malas menghisap ASI langsung.
akhirnya sya mengalah dan kembali membeli Chicco.


2 komentar: